-

alhamdulillahi 'ala ni'amihi adhdhohirati wal bathinati qadiiman wa khadiitsan. washsholatu wassalamu 'ala nabiyyihi wa rasuulihi muhammadin wa aalihi wa shokhbihi alladzina saaruu fii nushrati diinihi sairan khatsiitsan. wa 'ala atba'ihimulladziina wa ritsuu 'ilmahum.
Segala puji bagi Allah SWT atas segala nikmat-nikmat-NYA, baik yang nampak maupun yang tidak nampak, baik yang dahulu dan yang sekarang. Dan sholawat dan kesejahteraan atas Nabi - NYA dan Rasul - NYA Muhammad SAW dan keluarganya dan sahabatnya yang berjalan didalam menolong agama - NYA dengan jalan yang cepat. Dan atas pengikutnya yang mewarisi ilmu-ilmu mereka.

Sabtu, 29 Januari 2011

Imlek dan Umat Islam

Pada bulan Februari mendatang ada dua perayaan besar yang cukup menyedot perhatian publik : Valentine dan Imlek. Mungkin untuk Valentine’s Day kehebohan acara kurang dirasakan, karena biasanya yang concern dengan perayaan ini adalah pasangan muda (baik yang sudah menikah maupun belum). Sedangkan kehebohan Imlek sangat dirasakan masyarakat. Di berbagai pusat perbelanjaan, pernak-pernik Imlek menghiasi berbagai sudut ruangan.

Hmm…Indonesia, yang sebagian penduduknya beragama Islam ikut pula meramaikan dua perayaan itu. Padahal, apakah kedua perayaan itu berasal dari Islam. Tentu bukan, tapi kebanyakan masyarakat tidak peduli dengan itu. Yang penting ikut merayakan, tidak usah memikirkan sejarah perayaan tersebut, apalagi mencari tahu bagaimana hukumnya merayakan Valentine dan Imlek bagi umat Islam.

Mungkin ada yang berfikir, dangkal sekali cara umat Islam memandang sesuatu? Valentine dan Imlek kan sekadar perayaan, ga usahlah disangkut pautkan dengan agama. Itu kan universal. Hmm… klo begitu, pertanyaannya adalah : apa peran dan fungsi agama Islam bagi Anda? Apakah hanya sekadar ibadah ritual? Tidak kan?

Islam diturunkan lengkap beserta seperangkat aturan kehidupan. Islam mengatur segala aspek kehidupan manusia : hubungan manusia dengan Alloh swt, hubungan sesama manusia, dan hubungan manusia dengan lingkungan sekitar. Jadi jika Anda memutuskan Islam sebagai pegangan hidup Anda, maka Anda harus tunduk pada seluruh aturan yang Islam turunkan.

Berikut ini ada tulisan mengenai Imlek yang saya ambil dari milis. Semoga membuka wawasan Anda mengenai Imlek.

Baca "Imlek Adalah Hari Raya Agama Kafir Bukan Sekedar Tradisi : Haram Atas Muslim Turut Merayakannya" Oleh : M. Shiddiq Al-Jawi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar